mengatasi perasaan putus asa karena kegagalan usaha

Author:
mengatasi perasaan putus asa karena kegagalan usaha: Bangkit adalah solusinya! Bila anda ingin mengatasi perasaan putus asa karena kegagalan usaha maka tidak lain caranya adalah bangkit dari keterpurukan yang sedang anda alami, Ambil hikmah dari apa yang pernah anda lalui, identifikasi masalah-masalah yang mungkin menyebebkan kegagalan itu terjadi, catat, tandai dan mulai lagi dengan inovasi yang mampu mengantarkan anda kepada sebuah kesuksesan yang anda idamkan. Sebagai contoh Fred smith pemilik FEDEX [Federal Express] sebuah perusahaan jasa pengiriman barang internasional yang terkemuka, tidak begitu saja langsung sukses, tetapi juga mengalami berbagai proses kebangkrutan dan putus asa, akan tetapi karena kepandaiannya mengelola masalah maka ushanya tetap eksis dan semakin jaya.
Tips Menghadapi Kegagalan Usaha
Ingatkah anda ? "Kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda", Berikut ini beberapa tips menghadapi kegagalan usaha dan bagaimana mesti menyikapinya untuk mencapai puncak tertinggi sebuah keberhasilan yang anda rencanakan :

Mengapa Anda Tidak Perlu Khawatir Dengan Kegagalan?
1. Kegagalan menciptakan pilihan-pilihan baru
Mungkin anda tidak dapat menyerap semua pelajaran yang anda terima dari kegagalan anda, namun tetap saja hal tersebut menjadi harta tak ternilai untuk anda. Kegagalan juga menjadi momen yang tepat dimana anda merenungkan kembali tujuan awal anda, melihat di sekeliling dan memutuskan alasan mengapa anda tidak boleh menyerah.
2. Bagian yang paling baik dari sebuah kegagalan adalah anda akan dibawa ke sebuah jalan yang belum pernah anda temukan sebelumnya.
3. Kegagalan melatih kesabaran anda
4. Kegagalan merupakan sumber dari kreatifitas, Gagal akan mendorong anda menjadi lebih kreatif.
5. Kegagalan akan mengoptimalkan potensi anda
7. Anda dapat mengetahui kedahsyatan potensi yang anda miliki hanya dengan keberanian menghadapi masalah, tidak ada jalan lain.
8. Jika anda hanya mengharapkan sebuah hasil yang instan, apapun itu, nasib anda akan seperti pohon bambu yang tidak memiliki akar yang kuat. Sedikit goncangan saja, anda akan jatuh begitu kerasnya.


Berikut tips untuk bangkit dari kegagalan bisnis anda :

1. Jangan berkeringat dalam menghadapi hal-hal kecil. Kita tidak perlu cemas dan kawatir terhadap masalah kecil, anggaplah sebagai gemblengan, pelajaran, atau ujian untuk kita mencapai ketingkat yang lebih tinggi.
2. Ingatlah semua masalah besar adalah hal-hal kecil. Masalah-masalah yang kita hadapi jauh lebih kecil daripada karunia Tuhan yang telah kita terima.
3. Fahami badai pasti berlalu. Setiap ada kesulitan pasti ada kebahagiaan, setiap ada masalah pasti ada jalan keluarnya. Seberat apapun masalah yang kita hadapi sifatnya netral dan Tuhan pasti memberikan solusi dan jalan keluarnya, tergantung kita mau mencarinya atau tidak.
4. Duduklah tegak atau berdiri tegak, tarik nafas panjang, hembuskan perlahan sambil tersenyum tanpa syarat. Bayangkan kesegaran udara yang dihirup, hembusan, syukuri karena kita masih bisa menghirup udara segar yang merupakan nikmat yang luar biasa.
5. Dongakkanlah dagu anda keatas, tatap pemandangan diatas. Langkah ini dapat mengurangi sakit karena otot tegang akibat putus asa.
6. Kesusksesan bukan hanya materi. Materi memang penting dalam mengarungi hidup didunia, namun jangan jadikan tujuan utama.
7. Pasrahkan setiap masalah pada Tuhan. Pasrahkan semua permasalahan materi setelah anda berusaha semaksimal mungkin untuk mencapainya. Dengan kepasrahan akan memperoleh energi baru untuk meraih kesusksesan.
8. Kegagalan bukan akhir segalanya. Setiap kegagalan merupakan awal untuk meraih sebuah kesuksesan, karena kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda selama kita terus berusaha tanpa rasa putus asa.
9. Syukuri nikmat Tuhan yang kita terima. Jangan bandingkan apa yang anda peroleh dengan nikmat yang diperoleh orang lain yang bisa menimbulkan rasa iri, dengki dan semakin menyiksa diri sendiri.
10. Sharing permasalahan anda kepada orang-orang terdekat anda sehingga diterima saran untuk mencapai jalan keluar setiap masalah.

Kisah Orang Orang sukses dari Kegagalan
Orang orang yang sukses dari kegagalan :
Ada banyak cerita dan kisah sukses yang sering diceritakan, pastinya anda mengenal mereka, berikut untuk meremajakan ingatan anda :
1. Adam Khoo
Adam Khoo pun dikenal sebagai anak bodoh. Ketika kelas 4 SD, ia dikeluarkan dari sekolah. Ia pun masuk ke SD terburuk di Singapura. Ketika akan masuk SMP, ia ditolak oleh 6 SMP terbaik di sana.

Akhirnya ia bisa masuk ke SMP terburuk di Singapura. Begitu terpuruknya prestasi akademisnya, tapi lama kelamaan membaik justru karena cemoohan teman-temannya, hingga akhirnya memperoleh kesuksesan di dunia bisnis.

Kini Adam Khoo adalah trainer tingkat nasional di Singapura. Klien-kliennya adalah para manager dan top manager perusahaan-perusahaan di Singapura. Bayarannya mencapai US$ 10.000 per jam.

2. Albert Enstein
Kalau anda lupa orang ini, Saya ingatkan dia adalah seorang anak yang terlambat berbicara dan juga mengidap Autisme. Waktu kecil dia juga suka lalai dengan pelajaran. dia adalah pencetus teori gratifitas. ( kenal ?)

3. Thomas Alva Edison
Anak bodoh dan agak tuli yang menemukan teknologi lampu listrik ( Ingat ? )
4. Chris Gardner
5. Abraham Lincoln
Kisah Lincoln merupakan contoh klasik orang-orang yang benar-benar berani gagal.
Gagal dalam bisnis pada tahun 1831.
Dikalahkan di Badan Legislatif pada tahun 1832.
Gagal sekali lagi dalam bisnis pada tahun 1833.
Mengalami patah semangat pada tahun 1836.
Gagal memenangkan kontes pembicara pada tahun 1838.
Gagal menduduki dewan pemilih pada tahun 1840.
Gagal dipilih menjadi anggota Kongres pada tahun 1843.
Gagal menjadi anggota Kongres pada tahun 1848.
Gagal menjadi anggota senat pada tahun 1855.
Gagal Menjadi Presiden Pada Tahun 1856.
Gagal Menjadi anggota Dewan Senat pada tahun 1858.

Akhirnya pada tahun 1860, ia dilantik sebagai presiden Amerika yang ke-16 dan menjadi salah seorang presiden yang sukses dalam sejarah Amerika.

6. Bill Gates
Bila sekarang anda membaca ini dari sebuah komputer bersistem operasi windows maka anda pasti mengenal orang ini, anda tahu berapa kali dia gagal? silahkan cari kisah suksesnya di internet, dan masoh banyak lagi kisah sukses yang berawal dari kegagalan. so? Mari bangkit dan bangkit seperti waktu kita dulu belajar berjalan, ingat? ( pasti anda sudah tidak mengingatnya lagi )

Bacaan Terkait Keberhasilan dan kegagalan usaha :
1. Peluang kerja bisnis internet online indonesia semakin diminati dan terus dicari
2. Membuat Halaman Bisnis ( G+ ) Page Di google Plus
3. Bisnis Jual Beli Dengan Paypal Online Payment
4. Cara Kerja Bisnis Online | Benarkah Yang mereka Janjikan???
5. Faktor Kegagalan Bisnis | Penentu Keberhasilan Usaha Kuliner
6. Indonesia adalah Lahan Bisnis Enterpreneurs Terbaik Dunia
7. Untung Rugi Pemegang Saham | Faktor Resiko Bisnis Saham
8. Pengertian Retail, Klasifikasi dan Perkembangan Retail
9. Kumpulan contoh proposal acara / kegiatan, penelitian,penawaran,usaha / bisnis,tugas akhir / Skripsi
Referensi dan bacaan :
1. http://hikmahalam.blogdetik.com/index.php/2010/05/tips-atasi-putus-asa/comment-page-1/#comment-120
2. http://www.akuinginsukses.com/mengapa-anda-tidak-perlu-khawatir-dengan-kegagalan/
3. http://rijal954.wordpress.com/2011/03/18/10-kisah-orang-sukses-yang-berawal-dari-kegagalan-dan-kekurangan/