Press release juga sering dikaitkan dengan keberhasilan usaha jual beli, Mempertahankan pelanggan dan salah satu metode yang ampuh untuk mendatangkan pelanggan baru dengan memberikan edukasi tentang produk dan jasa yang diandalkan / ditawarkan.
Langkah langkah membuat press release :

Dalam pembuatan press release seyogyanya mengandung unsur 5W yakni 5W+1H: What (Apa yang terjadi), Who (Siapa pelaku atau orang yang terlibat dalam kejadian itu), Why (Kenapa hal itu terjadi), When (Kapan kejadiannya), Where (Di mana terjadinya), dan How (Bagaimana proses kejadiannya).
Dalam penulisannya hendaknya dilakukan dengan memperhatikan segala segi dan aturan penulisan berita yang baku menggunakan judul artikel yang sesuai jelas dan tepat sasaran, Juga perlu diperhatikan gaya penulisannya seperti :
1. Pelajari gaya bahasa media yang menjadi target pengiriman rilis.
2. Tulislah siaran pers dengan gaya media tersebut.
3. Pilih judul yang positif (aktif), bukan pasif.
4. Paragraf pertama (lead) harus jelas dan ringkas.
5. Gunakan bahasa jurnalistik –ringkas dan lugas, kalimat dan paragraf pendek-pendek, hindari anak kalimat.
6. Tulislah fakta & data saja, bukan opini/pandangan.
7. Ketiklah hanya pada satu sisi kertas.
8. Selalu beri tanggal.
9. Selalu cantumkan nama kontak dan nomor telepon bagian akhir naskah.
10. Gunakan kertas surat resmi & cantumkan label “Siaran Pers” di bawah logo/sebelum naskah.
11. Pelajari editorial policy, frekuensi penerbitan, tanggal/tenggat terbit, deadline, daerah sirkulasi, serta jangkauan dan segmen pembaca.
Bagaimana menyebarkan press release agar tepat sasaran ?
1. Email
Perusahaan perusahaan besar biasanya melakukan ini dengan cara mengirimkan surat pemberitahuan kepada para pelangannya melalui email list melalui database pelanggan yang sudah mereka buat sebelumnya, andapun bisa mencobanya.
2. Telepon
Telepon seluler boleh dikatakan sebagai salah satu barang primer saat ini, banyak perusaan menghubungi nomor pelanggan mereka untuk memberikan penawaran special serta pemberitahuan program program baru yang menjanjikan seperti beberapa waktu yang lalu sebuah perusaah auto finance menghubungi nomor handphone saya untuk mengabarkan bahwa perusahaan mereka sedang memberikan hadiah kepada para nasabah yang sudah pernah menggunakan jasa mereka dengan syarat merenew masa kontrak, wow! press relese yang keren untuk keberhasilan bisnis bukan?
3. melalui website / blog perusahaan
Blog atau website perusahaan adalah salah satu media informasi dua arah dimana pelanggan dan penyedia produk / jasa berinteraksi, press release layak dilakukan disini.
4. melalui pos
Terdengar klasik bukan? tapi melalui kantor pos, semua surat anda yang berisi penawaran diskon untuk tahun baru 2012 ini akan sampai kepada alamat seluruh pelanggan anda tanpa diragukan.
5. Wartawan
Wartawan TV,radio maupun koran atau media bisnis online bisa melakukan itu untuk anda jika anda merasa bahwa produk dan jasa terbaru yang akan anda tawarkan mesti menjangkau semua kalangan atau target kalangan tertentu. ( majalah muslimah akan sangat tepat untuk menyisipkan press release anda tentang trend gaya baru busana muslim tahun ini, dan sebagainya. )
( Halaman ini ditulis sebagai catatan dari berbagai sumber, silahkan dimanfaatkan sebagaimana mestinya )
Halaman terkait :
1. Bisnis Jual Beli Dengan Paypal Online Payment
2. Psikologi Pemasaran adalah psikologi Individu | Marketing Technique
3. Keuntungan Menabung / Investasi Emas | Gold Investment News