Macam Macam Obat Batuk Menurut Jenis Dan Fungsinya

Author:
Macam Macam Obat Batuk Menurut Jenis Dan Fungsinya: Agar saat kita memilih obat batuk yang akan kita konsumsi sebagai obat untuk menghilangkan penyakit batuk adalah sangat penting untuk mengetahui jenis jenis batuk dan tipe obat batuk yang akan kita gunakan, dalam lebaran ini akan dibahas untuk anda, Macam Macam Obat Batuk Menurut Jenis Dan Fungsinya...

Jenis Jenis Penyakit Batuk:

Batuk merupakan refleksi dari pertahanan tubuh terhadap serangan penyakit. Seseorang menderita batuk akibat rangsangan tertentu dari benda asing yang masuk ke dalam saluran pernafasan kemudian menstimulasi otak untuk segera memberikan sinyal agar mengeluarkannya melalui mekanisme batuk.

Penyebab batuk adalah akibat infeksi virus, bakteri maupun jamur. Bisa juga karena alergi terhadap suatu benda tertentu. Klasifikasi batuk berdasarkan atas produktifitasnya dalam menghasilkan dahak dibagi menjadi batuk kering (non produktif) dan batuk berdahak (batuk produktif). Sedang pengklasifikasian berdasarkan waktu terjadinya, dibedakan menjadi batuk akut dan batuk kronis.

Untuk Jenis batuk berdahak bisa diberikan terapi dengan menggunakan obat batuk yang mengandung ekspetoran dengan fungsi bisa mengencerkan dahak, sedangkan batuk kering biasanya diterapi dengan obat batuk yang mengandung antitusif dan dekongestan yang berfungsi untuk menekan pusat batuk dan menurunkan aktifitas sel-sel radang.

Saat ini di pasaran telah banyak dijual bebas obat batuk yang kandungannya bermacam-macam. Anda bisa memilih obat penangkal batuk tersebut sesuai dengan jenis batuk dan kandungan yang tidak menimbulkan alergi atau efek samping yang justru akan memperparah batuk Anda. Benadryl DMP merupakan obat pereda batuk yang mengandung ekspektoran dengan bahan aktif di dalamnya berupa Difenhidramin HCl dan Amonium Hydrochloride yang berfungsi untuk meningkatkan pengeluaran dahak dan pengenceran dahak. Di pasaran harganya berkisar antara Rp. 35.000 sampai dengan Rp. 45.000 per botol.

Sedangkan pereda batuk yang sangat populer yaitu Vicks Formula 44 merupakan salah satu obat batuk untuk indikasi pengobatan batuk kering. Kandungan Dekstrometorfan HBr 5 mg, Doksilamin Suksinat 3 mg. dipercaya sangat efektif sebagai selensium dan antitusif yang mampu menekan batuk secara cepat. Harga Vicks Formula 44 cukup terjangkau dengan kisaran Rp. 8.000 sampai dengan Rp. 20.000.

Beberapa dokter masih meyakini bahwa Bisolvon yang mengandung bahan aktif Bromheksin HCl merupakan pereda batuk paling efektif karena mempunyai sifat menyerap cairan. Namun penggunaan obat-obatan golongan guafenisin seperti ini wajib diwaspadai. Pada kasus tertentu bisa menyebabkan kekeringan pada mulut dan lidah. Harga kisaran Bisolvon di pasaran berkisar Rp. 45.000 sampai dengan Rp. 55.000.

Selain obat-obat pilihan di atas, obat alami seperti Daun sirih ternyata tak kalah khasiatnya dalam meredakan batuk. Oleh karena itu Daun sirih bisa jadi pilihan bagi Anda yang lebih memilih pengobatan tradisional.

Semoga bermanfaat... ( Via: Tips Sehat dan edukasi Kesehatan )

Macam Macam Obat Batuk Menurut Jenis Dan Fungsinya

Mungkin anda Juga ingin tahu :

3 Obat Batuk Alami dan Cara Menggunakannya