Kaitan Antara Diabetes Melitus dan Gagal Ginjal | Edukasi Kesehatan

Author:
Kaitan Antara Diabetes Melitus dan Gagal Ginjal | Edukasi Kesehatan: Pada penderita diabetes melitus, darah mengandung kadar gula darah yang sangat pekat. Artinya, ginjal harus berusaha keras menyaring kelebihan gula darah yang ada sebelum darah tersebut diedarkan kembali ke sekujur tubuh. Pekatnya gula darah yang ada didalam darah penderita diabetes melitus akan membuat ginjal bekerja sangat keras dan dalam tempo yang lama, hal tersebut akan menyebabkan kerusakan ginjal permanen. Kerusakan ginjal permanen ini yang disebut dengan kegagalan ginjal.

"Diabetes adalah salah satu jenis penyakit degeneratif yang hingga kini belum ditemukan obat yang tepat untuk menyembuhkan secara total. Yang dapat dilakukan oleh paramedis dan pasien adalah mencoba ber’kompromi’ dengan diabetes dan bagaimana terus tetap hidup normal bersama diabetes. Diabetes sendiri disebabkan karena tidak berfungsinya kelenjar pankreas untuk mengeluarkan insulin, hormon yang bekerja untuk mengatur kadar gula darah. Diabetes sering dikaitkan dengan gagal ginjal. Pada banyak kasus, gagal ginjal juga terjadi pada penderita diabetes.

Benarkah ada kaitan antara diabetes dengan gagal ginjal? Kegagalan fungsi ginjal adalah gagalnya ginjal berfungsi sebagai ‘mesin cuci’ untuk darah di seluruh tubuh. Semua aliran darah akan melalui ginjal dan di organ inilah darah akan dicuci untuk diedarkan kembali ke sekujur tubuh. Segala jenis kotoran, racun, ataupun zat-zat buangan dari sampah metabolisme disaring dalam ginjal.

Pada penderita diabetes melitus, darah mengandung kadar gula darah yang sangat pekat. Artinya, ginjal harus berusaha keras menyaring kelebihan gula darah yang ada sebelum darah tersebut diedarkan kembali ke sekujur tubuh. Pekatnya gula darah yang ada didalam darah penderita diabetes melitus akan membuat ginjal bekerja sangat keras dan dalam tempo yang lama, hal tersebut akan menyebabkan kerusakan ginjal permanen. Kerusakan ginjal permanen ini yang disebut dengan kegagalan ginjal.

Saat ini, hanya ada dua cara yang bisa ditempuh untuk mengatasi perderitaan pasien ginjal seperti ini, yaitu dengan cuci darah rutin atau haemodialisis, atau dengan transplantasi ginjal. Akan tetapi, tanpa usaha mengendalikan gula darah, resiko terkena kegagalan ginjal dapat saja terjadi lagi. Apakah berarti penderita penyakit diabetes sudah tidak memiliki harapan untuk hidup normal tanpa ancaman kegagalan ginjal akut?
Posted by Sumber Cara Wanita
Sepanjang penderita penyakit diabetes tersebut mampu mengendalikan kadar gula dalam darah, ginjal penderita tersebut akan aman. Yang harus mereka lakukan adalah menjaga kadar gula darah dalam kondisi normal. Gula darah normal harus berada di level 80 hingga 110. Pada penderita diabetes akut, kadar gula darah dapat mencapai level 300 ke atas. Kondisi ini disebut hiperglikemia yang jika berlanjut akan berpengaruh pada fungsi ginjal dan hati. Menjaga pola makan, termasuk menghindari konsumsi gula adalah jalan terbaik untuk ‘bekerja sama’ dengan diabetes dalam kehidupan mereka. Ginjal akan aman sepanjang diabetes terkelola dengan baik"

Lembaran ini adalah sebuah edukasi kesehatan "Diabetes Melitus dan Gagal Ginjal"
sumber materi:Pusat Medis
Kaitan Antara Diabetes Melitus dan Gagal Ginjal | Edukasi Kesehatan
Tagging: Pusat medis Diabetes dan gagal ginjal, kaitan penyakit gagal ginjal dengan diabetes, penyebab diabetes, akibat dari gagal ginjal
Mungkin anda Juga ingin tahu :

Telapak Tangan Berkeringat Berarti Lemah Jantung?

Gejala dan Tanda Tumor Kandung Kencing | Edukasi kesehatan