30 Persen Orang Indonesia Buang air Besar ( BAB ) Sembarangan

Author:
30 Persen Orang Indonesia Buang air Besar ( BAB ) Sembarangan: "Saat ini, 30 persen masyarakat kita masih melakukan BAB (buang air besar) sembarangan karena kurangnya akses toilet," kata Ibu Ani Yudhoyono saat memberikan sambutan silaturahmi peserta Jambore Sanitasi 2011 di Istana Negara, Jl Veteran, Jakarta, Jumat tanggal 24 Jei 2011 ( Lampung Post ).

Masih menurut lampung post dalam dalam berita bertema kesehatan Lampung Post mengabarkan dalam berita yang berjudul "30 Persen Masyarakat Buang Air Besar Sembarangan" bahwa dari Jakarta Ibu Negara Ani Yudhoyono merasa prihatin dengan sanitasi lingkungan di Indonesia yang masih buruk. Berdasarkan survei, 30 persen masyarakat Indonesia masih buang air besar sembarangan.

Ani mengatakan, sensitivitas daerah untuk sanitasi yang baik masih kurang. "Andai saja seluruh kepala daerah berkomitmen, insya Allah hidup kita akan makin sejahtera," imbuh Ani.

Saat ini, menurut Ani, di pinggir-pinggir perkotaan air bersih dan sanitasi yang baik susah ditemukan. "Di pinggiran kota, banyak yang buang hajat sembarang tempat di sungai," ujarnya.

Dia menambahkan, berdasarkan survei pula, saat ini 50 persen masyarakat Indonesia masih memakai air tidak bersih untuk memenuhi kebutuhannya.

"Baru 50 persen masyarakat dapat akses air bersih, selebihnya air berisiko," ungkap Ani.

Pemerintah, lanjut Ani terus berusaha untuk memperbaiki kondisi ini, dengan menitikberatkan pada 3 program.

Pertama, agar anak Indonesia bebas buang air sembarangan. Kedua, terjangkaunya air bersih di masyarakat. Dan yang ketiga, membebaskan air dari polusi sampah dan limbah.

"Jika sungai tercemar, seluruh masyarakat berisiko kena penyakit," kata Ani.

Bagaimana dengan anda? BAB Sembarangan?

30 Persen Orang Indonesia Buang air Besar ( BAB ) Sembarangan
Mungkin anda Juga ingin tahu :

21 dari 100 Ribu Orang Korea Melakukan Bunuh Diri - Alasannya?