Tanda Ciri Ciri Anak Alergi susu Sapi | Makanya Berikan ASI

Author:
Tanda Ciri Ciri Anak Alergi susu Sapi | Makanya Berikan ASI: my baby milk not a Cow Milk
Makanya Berika ASI - Berita dari dunia Kesehatan Ibu dan Bayi - Ternyata Tak semua Bayi dan Balita termasuk anak-anak yang bisa mengambil manfaat dari kesegaran dan manfaat susu, sebagian dari mereka memiliki pembawaan yaitu alergi terhadap susu sapi. Susu sapi dapat mengakibatkan seorang anak menderita berbagai macam keluhan kesehatan dan pastinya anda tidak akan ikhlas bila itu terjadi. Kenali beberapa ciri dan tanda tanda seorang anak mengalami alergi susu sapi berikut ini agar anda waspada:

Alergi susu sapi terjadi apabila kekebalan tubuh anak bereaksi terhadap protein dalam susu sapi, yang didukung pula dengan belum sempurnanya kondisi saluran pencernaan anak untuk memecah protein tersebut dengan baik dan benar.

Bahkan pada anak-anak yang hipersensitif, protein tersebut dapat memicu terbentuknya zat antibodi Immunoglobin E (IgE) yang dapat menimbulkan berbagai reaksi alergi dalam tubuh.

Meskipun gejala-gejala alergi susu sapi pada anak sering tidak disadari oleh orangtua, karena gejalanya bisa muncul dalam waktu beberapa hari kedepan setelah anak meminum susu sapi tersebut.
Posted by Sumber Cara Wanita
"Gejala alergi biasanya tidak langsung muncul ketika anak meminum susu sapi formula, tapi bisa timbul keesokan harinya atau minggu depannya. Maka dari itu, banyak orangtua yang terlambat mengetahui jika anaknya mengalami alergi," terang Dr. dr. Zakiudin Munasir, SpA (K), dalam acara media edukasi 'Alergi Susu Sapi Bukan Penghalang Tumbuh Kembang Anak', beberapa waktu lalu, di Jakarta.

Namun demikian ada beberapa ciri khusus yang menunjukkan jika anak terserang alergi, diantaranya kulit menjadi kemerahan, timbul rasa gatal di tubuh, bengkak, dan eksim. Alergi juga dapat menggangu saluran pencernaan yang mengakibatkan mual, muntah, diare, nyeri perut, serta dapat menggangu pernafasan dengan tanda-tanda batuk dan pilek, sampai sesak nafas atau asma.

Seiring dengan pertambahan usia anak, biasa alergi dapat hilang dengan sendirinya, namun adapula pada beberapa kasus, alergi bisa menetap hingga anak tumbuh dewasa.

Tapi, Anda tidak perlu bersedih hati, karena alergi susu sapi bisa ditangani dengan mengganti susu sapi formula pada anak dengan susu berbahan isolat protein kedelai. Seperti halnya susu sapi, formula isolat protein kedelai mampu menyediakan nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang si kecil.

Selain itu, beberapa keunggulan yang bisa didapat dari pengganti susu sapi ini (formula isolat kedelai), diantaranya tidak mengandung protein susu sapi yang mengandung komponen protein penyebab alergi, kecukupan gizinya setara dengan susu berbahan dasar susu sapi, rasanya lebih enak dan mudah diterima anak-anak, bebas laktosa dan lebih jarang menimbulkan alergi dibandingkan allergen makanan lainnya.
( Tabloid Wanita )



Sumber cara | Tanda Ciri Ciri Anak Alergi susu Sapi | Makanya Berika ASI


Mungkin anda Juga ingin tahu :

Istri Termuda Osama Bin laden Yang Ikut Tertembak | Ini Lho Dia

ACSC - APF Tidak Senangi Perdangangan Bebas UE-ASEAN | Civil Talk

Aminah Boyolali Sah Jadi Laki Laki Tulen | Unik Dan Menegangkan

TKW NTB Dicambuk Karena Cinta | Saudi Dan Pekerja Indonesia