Jika Pelanggan Komplain Inilah Yang Terjadi - Langganan Anda Kemana?

Author:
Jika Pelanggan Komplain Inilah Yang Terjadi - Langganan Anda Kemana?: Well Is that all..??
Tahukah anda apa yang terjadi jika seorang pelanggan marah/Komplain/tidak puas dengan apa yang anda jual?

" 100 pelanggan yang tidak puas hanya 4% saja yang komplain,sisanya just go away,91%di antaranya tidak akan kembali selamanya-service excellence "
A Business Previews that show you the right business

Wow.... jika benar begitu lalu seberapa besarkan kemungkinan anda kehilangan para pelanggan anda?, mereka lalu berpaling ke lain hati?


Saya tentu saja tidak sedang mencoba mendikte atau mengajari anda tentang bisnis yang sudah anda geluti bertahun tahun.... Tapi inilah yang dikatakan Oleh Guswai.

Inilah Cara Pelanggan Komplain?
Posted by Sumber Cara Wanita
Tetapi sebelum Anda bisa mulai menghitung pertama yang harus dipikirkan adalah bagaimana cara pelanggan komplain. Kalau begitu mari kita cek daftar berikut:
• Apakah kita menyediakan kotak saran?
• Apakah kita menyediakan hotlines di mana pelanggan bisa komplain atau menghubungi/sms jika mereka tidak puas?
• Apakah kita punya website, email address, facebook fans page di mana konsumen bisa menghubungi kita?
Jika tidak maka itu adalah Pekerjaan Rumah pertama kita; menyediakan dulu saluran bagi pelanggan untuk bisa komplain atau menyampaikan masukan bagi perusahaan kita. Jika Anda tidak punya sarana itu, berarti tertutup pula kesempatan untuk menerima masukan tetapi yang lebih penting adalah kita tidak bisa menghitung berapa sesungguhnya kita telah dan akan kehilangan pelanggan.

Inilah Cara menghitung kemungkinan anda kehilangan Pelanggan :

Jika kita sudah menyediakan sarana bagi pelanggan untuk komplain, misalkan, kita menerima 15 komplain dari pelanggan lewat berbagai salauran tadi, maka sesungguhnya kita telah kehilangan pelanggan sebanyak 360 pelanggan yang tidak komplain dan juga tidak menyampaikan keluhannya. Dari 360 pelanggan tersebut akan ada 91% atau 327 pelanggan yang tidak akan kembali selamanya. Saya rasa itu bukan angka yang kecil untuk diabaikan.
Karena itu anjurannya adalah: perbaiki cara Anda melayani pelanggan. Bisnis kita hidup dari pelanggan yang loyal , atau pelanggan yang kembali lagi dan lagi.

Catatan :
Guswai adalah seorang Consultant, Trainer, Speaker, Book Writer in retail business management
Asal : Jakarta - Indonesia


That it is... Semoga bermanfaat.

Sumber cara | Jika Pelanggan Komplain Inilah Yang Terjadi - Langganan Anda Kemana?
Mungkin anda Juga ingin tahu :

Wanita Haid/Datang Bulan Memang Sensitif - Ini Alasannya