serangan Ulat Bulu Species Lymantria Marginata | RRI Probolinggo

Author:
serangan Ulat Bulu Species Lymantria Marginata | RRI Probolinggo: Ulat Bulu Probolinggo
Serangan Ulat Bulu - Ulat Bulu yag menyerang beberapa daerah di Indonesia terutama Probolinggo termasuk kedalam Species Lymantria Marginata menjadi penomenda baru bagi masyarakat dikarenakan Ulat bulu species muncul kembali setelah lama hilang dari bumi Indonesia diberitakan oleh RRI bahwa Serbuan ulat bulu di beberapa wilayah Indonesia khususnya Probolinggo Jawa Timur menimbulkan kekhawatiran. Di Probolinggo serbuan ulat bulu menjadi fenomena menarik karena ulat yang menyerang pohon-pohon Mangga merupakan spesies Lymantria Marginata yang sudah lama tidak muncul di Indonesia.

Kemudian secara tiba-tiba muncul dan menyerang Probolinggo dalam jumlah yang besar. Spesies Lymantria Marginata memiliki bulu lebat dengan ukuran fisik 4 cm dan memiliki pergerakan yang cepat.

Kepada RRI, Kamis (21/4) Dr.Ir.Haryono,MSc Kepala Badan Penelitian Dan Pengembangan Pertanian Kementerian Pertanian mengatakan, penyebab banyaknya populasi ulat bulu dikarenakan rusaknya ekosistem alam yang menyebabkan predator yang menjadi musuh utama ulat bulu seperti burung, semut rang-rang mati.

Selain itu, serangan ulat bulu merupakan fenomena alam yang sudah biasa terjadi, siklus rutin yang muncul menjelang pergantian musim hujan ke musim kemarau dan perubahan iklim. Dan masyarakat tidak perlu khawatir karena serangan ulat bulu tidak membahayakan.
Oleh Sumber Cara Wanita
“Serangan ulat bulu seperti di Probolinggo merupakan peristiwa alami yang sering terjadi dan masyarakat tidak perlu khawatir karena tidak membahayakan“, kata Haryono.

Adapun untuk penanggulangan serangan ulat bulu perlu kerjasama instansi terkait . Serangan ulat bulu dapat dilakukan dengan menjaga ekosistem alam sehingga predator musuh ulat bulu tetap ada. Masyarakat bisa juga melakukan penanganan secara alami seperti melakukan pengasapan, pengumpulan ulat secara massal kemudian ulat bulu di kubur dan ini bisa dijadikan pupuk kompos.

"Sangat berbahaya kalau ulat bulu di bakar karena justru bulunya akan berterbangan dan mengganggu pernapasan. Cara alami lainnya adalah penggunaan agen hayati dan pengendalian dengan insektisida nabati seperti mimba", pungkas Haryono.

That is the News semoga menjadi satu Informasi berguna bermanfaat bagi anda kita dan kami...


Sumber cara | serangan Ulat Bulu Species Lymantria Marginata | RRI Probolinggo

Serupa :

NOKIA SEMAKIN KAYA MICROSOFT KIAN BERJAYA | TECHNOLOGY NEWS