seputar Kista Haid dan Kangker Ovarium - Kesehatan Wanita

Author:
seputar Kista Haid dan Kangker Ovarium - Kesehatan Wanita: Sumber cara | kesehatan wanita - Haid tidak teratur sering menjadi satu pertanyaan besar belakangan ini... banyak wanita memeprtanyakana apakah keterlambatan datang bulan adalah pertanda bahwa seorang wanita mengidap penyakit "Kista indung"?
Wanita haid kista dan kangker
berikut ini adalah tiga pertanyaan yang sering muncul dan jawabannya:

Pertanyaan: Apakah haid yang tak teratur menandakan kista?

Yang menghasilkan hormon yang mengatur siklus haid adalah indung telur. Bila indung telur terganggu, otomatis haid pun terganggu. Tapi, tidak berarti sebaliknya. Haid terganggu bukan hanya karena indung telur terganggu. Banyak hal yang mempengaruhi haid, antara lain jalan lahir, tumor di payudara atau otak, masalah psikologis seperti kecapekan, depresi berat, dan stres. Selain itu, faktor obesitas juga sangat berpengaruh terhadap kelancaran haid. Sumber hormon yang digunakan indung telur untuk menghasilkan hormon pengatur haid berasal dari lemak.




Pertanyaan: Apakah kista bisa tumbuh di mana saja?
Bila ada saluran yang buntu dan mengakibatkan tertimbunnya cairan, maka kista akan terbentuk. Kelenjar ludah pun bila buntu dan menjadi benjolan di pipi, dapat membentuk kista.

Pertanyaan: Apakah kista menandai kanker ovarium?
Sayangnya, penderita kanker ovarium yang datang ke dokter rata-rata sudah stadium lanjut karena kanker ovarium jarang memiliki gejala. Kanker ovarium sendiri tak menimbulkan gangguan haid, sehingga tak bisa diketahui. Karena itu kanker ovarium sering disebut sillent killer, atau pembunuh diam-diam, akibat keberadaannya baru diketahui belakangan.

perlu diingat : selalu konsultasikan kepada dokter specialis kandungan dan repruduksi wanita jika ada kekhawatiran yang harus terjawab.

Semoga bermanfaat sebagai caa atau sekedar penambah berita.

Sumber cara | Kesehatan wanita | cosmopolitan
Serupa :

Cara membuat jamu peret alami, tambah legit tambah kencang