JumLah TKI TKW Indonesia di Taiwan Mencapai 161 ribu orang | Terbanyak

Author:
JumLah TKI TKW Indonesia di Taiwan Mencapai 161 ribu orang | Terbanyak: JUMLAH TKI TKW INDONESIA DI TAIWAN
Fakta TKI TKW indonesia Di Lua Negeri - Di Taiwan Indonesia Juara satu terbanyak jumlah TKI nya, mengalahkan tenaga kerja asing asal Vietnam, Filipina, dan Thailand. ( menurut Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Moh Jumhur Hidayat ). Jumlah yang sangat besar bukan?

Berita ini dikutip dari Republika Online dengan mencantumkan Antara sebagai sumbernya tanggal 28 April 2011, menceritakan bahwa Jumhur melalui surat elektronik dari Taiwan, Kamis, menyebutkan data tersebut diperolehnya dari Ketua Kantor Dagang Ekonomi Indonesia (KDEI) Taiwan, Harmen Sembiring. Jumhur berada di Taiwan sejak Rabu (27/4) guna menghadiri Pertemuan Tahunan V KDEI dengan Taiwan Economic Trade Office (TETO) pada 29 April terkait peningkatan kerja sama penempatan dan perlindungan TKI, selain itu, bertemu agen penyalur TKI dan perwakilan Pelaksana Penempatan TKI Swasta (PPTKIS).

Ia menyebutkan tenaga kerja asing di Taiwan sekitar 380 ribu orang dan sekitar 161 ribu berasal dari Indonesia, disusul pekerja asal Vietnam 110 ribu-120 ribu, asal Filipina 77 ribu-80 ribu, asal Thailand 50-60 ribu, dan sisanya dari sejumlah negara lain.

Sebagian besar TKI di Taiwan bekerja sebagai penata laksana rumah tangga atau perawat jompo pada pengguna perorangan, katanya. "Pada umumnya mereka menjadi 'caregiver' (perawat jompo) mengingat tingkat harapan hidup warga Taiwan cukup tinggi yakni 90 persen dari total penduduk sebanyak 27 juta orang," katanya. Posted by Sumber Cara Wanita
Sebagian kecil lain, TKI di Taiwan bekerja sebagai anak buah kapal (ABK) atau nelayan pada kapal penangkap ikan milik pengguna perorangan serta di bidang konstruksi dan manufaktur. "Yang mendominasi sektor rumah tangga hanya dari Indonesia. Untuk pekerja asal Vietnam, Filipina, dan Thailand menguasai sektor formal pada bidang manufaktur dan konstruksi," kata Jumhur.

Jumhur mendapat penjelasan dari Harmen bahwa TKI sektor rumah tangga tidak disebut sebagai TKI informal oleh pemerintah Taiwan karena pihak berwenang Taiwan hanya membedakan tenaga kerja asing dalam kategori berdokumen dan tidak berdokumen.

Gaji masing-masing TKI yang bekerja di rumah tangga rata-rata sebesar Rp4,5 juta per bulan belum termasuk upah lembur, sedangkan gaji ABK atau nelayan Rp5 juta, gaji pekerja bidang manufaktur Rp5,5 juta - Rp6 juta berikut pemondokan.

Seluruh tenaga kerja asing di Taiwan juga mendapat jaminan asuransi sesuai pekerjaannya.



Semoga berita ini berguna sebagai salah satu cara untuk berbagi sebagaimana motto sumber Cara Wanita yang pernah kami janjikan.

Sumber cara | JumLah TKI TKW Indonesia di Taiwan Mencapai 161 ribu orang | Terbanyak

Mungkin anda juga ingin tahu :

48 jam Lagi Prosesi Pernikahan William Kate berlangsung