peredaran Uang Palsu meningkat Tajam | Info Pasar dan Bisnis

Author:
peredaran Uang Palsu meningkat Tajam | Info Pasar dan Bisnis: uang kertas palsu dan asli
Info Pasar dan Bisnis - Bagi anda para Pedagang dan Pengusaha yang melakukan transaksi jual beli menggunakan uang secara Offline mulailah berhati hati dan tingkatkan kewaspadaan anda sebab Menurut Bank Indonesia terjadi peningkatan peredaran uang kertas Palsu secara Tajam yaitu mencapai 100 % ( seratus persen ) dari tahun tahun sebelumnya, berikut berita yang kami lansir dari Kompas ;
Peredaran uang palsu di Pulau Bali dalam kurun waktu lima tahun terakhir kian mengkhawatirkan. Bank Indonesia (BI) Denpasar mencatat dari tahun 2005 sampai 2010, terjadi lonjakan hampir 100 persen, dari 1.800 lembar menjadi 2.800 lembar.

Diprediksi tahun ini akan semakin meningkat karena beberapa waktu lalu Polda Bali membongkar sindikat perdagangan uang palsu dengan barang bukti mencapai Rp 50 juta uang palsu pecahan Rp 100.Sumber cara | tema caraBahkan dalam kasus terakhir uang palsu yang diedarkan di pasar-pasar tradisional ini kualitasnya nyaris sempurna. Kertas, watermark, garis pengaman hampir mirip dengan uang asli. Yang membedakan hanyalah nomor seri yang seluruhnya sama.

"Pemalsuan uang di Bali mengalami kecenderungan meningkat. Bila tidak dikendalikan, akan meningkatkan publikasi negatif dan kemerosotan kepercayaan internasional terhadap mata uang rupiah," kata pimpinan BI Denpasar Jeffrey Kahuripan, Rabu (20/4/2011) di Denpasar.

Tak hanya mengandalkan polisi sebagai penegak hukum untuk memberantas peredaran upal, BI juga telah membentuk satuan kerja (satker) yang berfungsi sebagai pengawas dan sosialisasi. "Tahun ini, kami harapkan data dari satker mulai bisa diakses oleh publik, sehingga bisa membantu memberantas jaringan pengedar upal lintas daerah," jelas Jeffrey.

BI juga akan berkoordinasi dengan Polri dan aparat terkait untuk memberi efek jera bagi para pengedar uang palsu dengan menerapkan hukuman maksimal. "Dalam catatan kami, pelaku tindak pidana upal hanya dijatuhi hukuman beberapa bulan saja. Kami ingin ada persamaan persepsi, sehingga dapat dioptimalisasi, dan menjadi peringatan di masyarakat untuk tidak memalsukan uang," tutur Jeffrey.

Semoga informasi ini berguna bagi anda para pedagang dan pengusaha yang selalu berhubungan dengan dunia uang dan perdagangan. tingkatkan kewaspadaan.



Serupa :

Harga emas spot mencapai level US$ 9.40 per troy ons